Selasa, 22 April 2014

Dengan David Moyes telah dipersilakan angkat kaki, Manchester United kini mulai memburu pelatih baru untuk menangani tim musim depan.

Diserahi kontrak berdurasi enam tahun, David Moyes akhirnya mesti meletakkan jabatan sebagai bos Manchester United jauh lebih cepat dari durasi yang tertera di surat kerjanya.

Kabar pemecatan Moyes yang telah beredar luas sedari Senin kemarin, menyusul kekalahan 2-0 dari tuan rumah Everton, menjadi kenyataan pada hari ini setelah klub memberikan rilis resmi melalui akun Twitter.

Pemutusan hubungan kerja ini sejatinya tidak mengherankan karena Moyes mencatat serentetan hasil mengecewakan yang membuat klub dipastikan nihil gelar. Hasil negatif di Goodison Park juga memastikan Setan Merah gagal menembus Liga Champions musim depan, alias pertama kalinya setelah 18 tahun. Lengkap sudah torehan buruk United di tangan Moyes dan kekalahan ke-11 di Liga Primer Inggris musim ini tersebut menjadi penentuan nasib pria Skotlandia itu.

United telah memercayakan gelandang veteran Ryan Giggs untuk memegang kemudi tim sebagai manajer anterim hingga berakhirnya kampanye 2013/14 ini, namun yang menarik ditunggu adalah siapa yang bakal menjadi bos permanen mulai musim mendatang.

Terkait hal ini, hierarki Old Trafford diyakini telah mulai menyortir daftar kandidat potensial untuk membesut tim dalam jangka panjang.

Setidaknya lima nama top disebut-sebut masuk bidikan United, yaitu pembesut Juventus, Antonio Conte, Jurgen Klopp (Borussia Dortmund), Diego Simeone (Atletico Madrid), Laurent Blanc (Paris Saint-Germain), serta Louis van Gaal (Belanda).

Figur pertama menjulang berkat kinerja mengilapnya mengarsiteki Juventus, yang merajai Serie A dalam dua tahun ke belakang dan berpeluang besar mengunci hat-trick scudetto musim ini.

Sementara Klopp, sang pengusung sepakbola "heavy metal", membangunkan Dortmund dari tidur panjang untuk kembali menjadi salah satu kekuatan utama di Bundesliga. Selain dua trofi Deutscher Meister, Klopp juga membawa Marco Reus cs. mencapai final Liga Champions musim lalu dan pada kampanye terkini Dortmund telah melangkah ke babak puncak DFB-Pokal untuk berhadapan dengan Bayern Munich.

Simeone menanamkan mental juara dan semangat pantang menyerah ke dalam skuat Atletico yang menjadi paket kejutan di La Liga serta Liga Champions musim ini. Los Colchoneros saat ini memuncaki klasemen liga domestik mengungguli duo tradisional Barcelona dan Real Madrid, serta menembus semi-final UCL untuk kali pertama setelah empat dekade.

Blanc merupakan eks palang pintu United yang sekarang menukangi PSG dan telah mempersembahkan dua gelar untuk raksasa ibu kota Prancis sejak menggantikan Carlo Ancelotti awal musim ini, yaitu Trophee des Champions alias Piala Super Prancis dan Coupe de la Ligue.

Last but not least, Van Gaal adalah pelatih asal Belanda yang sudah terbukti kapasitasnya di level atas lewat periode sukses bersama Ajax Amsterdam, Barcelona, AZ Alkmaar, dan Bayern Munich. Kontraknya sebagai arsitek Oranje akan selesai pasca-Piala Dunia 2014 dan ia telah mengungkapkan ketertarikan untuk merambah sepakbola Inggris sebelum pensiun.

Selain mereka yang disebut di atas, banyak pelatih top lainnya yang dikabarkan masuk monitor United, termasuk Pep Guardiola yang mengantar Bayern menjungkalkan Red Devils di perempat-final Liga Champions musim ini, dan pembesut Real Madrid, Carlo Ancelotti.

Menurut Anda, siapa yang bakal menjadi sosok pilihan United untuk meretas jalur kembali menuju kejayaan?

0 komentar:

Posting Komentar

Robby Iswanto Blog